Senin, 12 Maret 2012

MAKALAH PERANAN MAHASISWA DALAM PEMBANGUNAN NASIONAL

UNIVERSITAS GUNADARMA


MAKALAH Peranan Mahasiswa Dalam Pembangunan Nasional
ILMU BUDAYA DASAR



NAMA:               HILMAN JIHADI
NPM:                  13111390
KELAS:                1KA24
BLOG:                 hart94isd.blogspot.com


BAB I
PENDAHULUAN


A.     LATAR BELAKANG
Pembangunan nasional merupakan usaha peningkatkan kualitas manusia dan masyarakat Indonesia secara berkelanjutan dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperhatikan tantangan perkembangan global. Pelaksanaanya mengacu pada kepribadian bangsa dan nilai luhur yang universal untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang berdaulat, mandiri, berkeadilan, sejahtera, maju, serta kukuh kekuatan moral dan etikanya. Tujuan pembangunan nasional itu sendiri, adalah sebagai usaha untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh bangsa Indonesia. Dan pelaksanaannya bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga merupakan tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia. Maksudnya adalah setiap warga Negara Indonesia harus ikut serta dan berperan dalam melaksanakan pembangunan sesuai dengan profesi dan kemampuan masing-masing.
Keikutsertaan setiap warga Negara dalam pembangunan nasional dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengikuti program wajib belajar, membayar pajak, melestarikan lingkungan hidup, menaati segala peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, menjaga ketertiban dan keamanan, dan sebagainya.
Pembangunan nasional mencakup hal-hal yang berdifat lahiriah maupun batiniah yang selaras, serasi, dan seimbang. Itulah sebabnya pembangunan nasional bertujuan unutk mewujudkan manusia dan masyarakat Indonesia yang seutuhnya, yakni sejahtera lahir batin.
Pembangunan yang berdifat lahiriah dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan hajat hidup fisik manusia, misalnya sandang, pangan, perumahan, gedung perkantoran, pabrik, pengairan, sarana dan prasarana transportasi dan olahraga, dan sebagainya. Sedangkan contoh pembangunan yang bersifat batiniah adalah pembangunan sarana dan prasarana ibadah, pendidikan, rekreasi, hiburan, kesehatan, dan sebagainya.




B.      TUJUAN
Adapun tujuan dari makalah ini adalah:
-          Agar mahasiwa menyadari bahwa di pundak mereka ada beban berat untuk pembangunan.
-          Agar mahasiswa dapat melibatkan diri dalam pembangunan nasional dengan adanya tugas tersebut.


































BAB II
PEMBAHASAN


A.     PENGERTIAN PEMBANGUNAN
Pada umumnya negara-negara yang diklasifikasikan sebagai negara berkembang adalah negara yang sedang berkembang atau negara yang sedang membangun.
Jadi, pengertian pembangunan adalah negara yang sedang menata atau merintis suatu perubahan baik secara fisik atau non-fisik (Pembangunan Sumber Daya Manusia / Sumber Daya Alam atau pembangunan di bidang teknologi dan komunikasi) yang disebut kemajuan.

1.      Pembangunan Masyarakat Sebagai Proses Perubahan
Faktor yang dapat dilihat dalam pembangunan masyarakat adalah peraturan tentang proses perubahan yang dialami oleh masyarakat itu sendiri. Apabila secara teoritik perubahan dalam kehidupan masyarakat dapat berdampak kemunduran (regress) maupun kemajuan (progress). Maka perubahan dalam pembangunan diharapkan berdampak kemajuan. Salah satu dampak dari kemajuan tersebut adalah dapat kita lihat dari taraf hidup masyarakat itu sendiri.


2.      Pembangunan Sosial
Dalam berbagai referensi ditemukan beberapa rumusan tentang pembangunan sosial dari yang bersifat umum sampai rumusan yang bersifat spesifik. Di mana pembangunan yang sangat berkaitan atau behubungan relasi, relasi sosial, sistem-sistem sosial, dan nilai-nilai yang berhubungan dengan sifat sosial.
Sementara itu, pembangunan nasional dapat dilihat kaitannya dalam rangka upaya mewujudkan cita-cita kesejahteraan sosial masyarakat.

3.      Pembangunan Sumber Daya Manusia
Salah satu fakta pendukung utama dalam pembangunan nasional adalah pembangunan SDM, karena pembangunan SDM merupakan tolak ukur berhasilnya sebuah pembangunan. Maka pembangunan SDM harus dimulai sejak dini dimana manusia itu lahir hingga dewasa.
Adapun cara membangun SDM adalah dengan cara membekali manusia bahwa pembangunan diri sendiri sangat penting, dan merupakan tanggung jawab yang harus diemban sebagai warga negara yang baik.

4.      Peranan Mahasiswa Dalam Pembangunan
Dalam pembangunan, generasi muda atau mahasiswa tidak pernah luput atau tidak bisa dipisahkan karena mereka saling bersinerji antara yang satu dengan yang lainnya. Dimana mahasiswa harus berperan aktif dalam pembangunan tersebut.
Adapun keterlibatan mahasiswa adalah:
1.      Mahasiswa dapat berperan dengan cara belajar keras dalam menuntut ilmu untuk diterapkan dalam masyarakat nantinya.
2.      Berperan sebagai sumber inspirasi baik dalam lingkungan masyarakat maupun dalam lingkungan kampus.
3.      Mahasiswa sebagai pengontrol dalam pembangunan.



















BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan
Dari uraian di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: pembangunan nasional adalah tanggung jawab mahasiswa dan harus berperan aktif dalam pembangunan tersebut dengan tidak menyia-nyiakan kesempatan dalam menuntut ilmu.


B.     Sumber

1.      Soetono 2006, Strategi-Strategi Pembangunan Masyarakat, Pustaka Pelajar. Jakarta.
2.      Pendidikan Kewarganegaraan 2001, PT. Gramedia Pustaka Umum. Jakarta.
3.      http://tiankids.web.id/search/mewujudkan-mahasiswa-sosial-demi-pembangunan-bangsa


2 komentar:

  1. maaf ya teman, mau kasih masukan nih sekarang kita udah masuk ke pembelajaran mata kuliah softskill sebaiknya blog anda disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu gunadarma.ac.id guna sebagai identitas kita sebagai mahasiswa gunadarma dan juga salah satu kriteria penilaian mata kuliah softskill..terima kasih

    BalasHapus